Pendulang Suara Untuk PAN Sepak Terjang PUAN Fleksibel Di Masyarakat

Perempuan Amanat Nasional (PUAN) berperan besar sebagai motor pemenangan Partai Amanat Nasional (PAN). Tugasnya, mencetak kader top perempuan, juga pendulang suara partai pada Pilkada dan Pemilu. 

“Kader-kader perempuan itu pendekatannya lebih humanis,” ujar Bendahara Umum PUAN Intan Fauzi, kepada Rakyat Merdeka, kemarin. 

Intan menjelaskan, PUAN sebagai Organisasi Otonom (Ortom) PAN selalu dilibatkan dalam kegiatan politik. Terlebih, ketika ada pesta demokrasi karena dianggap sebagai mesin partai paling fleksibel untuk masuk di tengah masyarakat. 

Tidak hanya saat Pemilu, PUAN juga akrab dengan kegiatan masyarakat seperti Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu), Juru Pemantau Jentik (Jumantik), hingga pemberdayaan ekonomi perempuan. “Itu yang lebih fleksibel, memungkinkan kader PUAN bisa lebih cepat mendapat simpati masyarakat,” ungkapnya. 

Anggota Komisi IX DPR ini juga mengatakan, sudah menjadi tugas PUAN memenuhi kuota 30 persen perempuan di partai politik. Saat ini pengurus DPP PAN berisi lebih dari 30 persen perempuan. Artinya, PAN memang memberi ruang besar untuk keterwakilan perempuan di dalam politik. 

Meski tidak mewajibkan kader PUAN menjadi politisi, tapi semua anggotanya diberikan pendidikan politik di PAN dengan jenjang tingkat dasar, madya, hingga utama. Intan menuturkan, peranan perempuan sebenarnya lebih mendominasi kegiatan di akar rumput. Contoh kecilnya adalah lingkungan Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) pasti yang menjadi penggerak utama adalah perempuan. 

Demikian juga di tingkat kelurahan maupun kecamatan. Beragam kegiatan pasti lebih banyak melibatkan perempuan. “Mungkin ketuanya saja laki-laki, tetapi yang mengurusi itu perempuan,” sebutnya. Intan meyakini, calon legislatif perempuan lebih tinggi peluang menangnya dibandingkan dengan pria. Jadi, saat ini bagaimana perempuan menjadi lebih berkualitas. [BSH]

]]> .
Sumber : Rakyat Merdeka RM.ID .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *